Bertempat Di Desa Alila Timur, Danrem 161 Wira Sakti Buka Opster TNI 2020

ALOR, KPK – Komandan Korem 161 Wira Sakti Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya memimpin upacara pembukaan Operasi Teritorial Tentara Nasional Indonesia (Opster TNI) Tahun 2020 di wilayah Kodim 1622/Alor dengan tema Opster “Wujudkan Masyarakat Tangguh dan Sejahtera dalam rangka Menyongsong Indonesia Maju yang Berdaulat, bertempat di Lapangan Bola Ilawe, Desa Alila Timur, Kecamatan Kabola, Kabupaten Alor, Sabtu (1/8/2020).

Amanat Pangdam IX/Udayana yang dibacakan Danrem 161/Wira Sakti Brigjen TNI Semuel Petrus Hehakaya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Alor atas dukungan dan partisipasi yang telah mengalokasikan dana APBD dalam kegiatan Opster TNI TA 2020 ditengah situasi pandemi Covid-19.

Pada kesempatan tersebut Brigjen Semuel Petrus Hehakaya menyampaikan, Opster TNI merupakan salah satu wujud darma bakti TNI dalam rangka memberdayakan wilayah perbatasan, mengingat Kabupaten Alor merupakan wilayah perbatasan laut RI-RDTL, maka perlu adanya percepatan pembangunan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, lancarkan arus transportasi, dan ekonomi maupun peningkatan pembangunan sarana, prasarana serta infrastruktur lainnya dalam rangka mensejahterakan masyarakat.

Opster juga dilaksanakan dalam rangka memelihara integritas wilayah darat, laut dan udara, serta mencegag kegiatan ilegal. Juga sebagai tanggung jawab TNI  dalam melaksanakan amanat UU nomor 34 tahun 2004 khususnya dalam operasi militer selain perang yaitu membantu pemerintah daerah. Disamping itu, kegiatan ini untuk meningkatkan kemanunggalan TNI dengan rakyat guna persatuan dan kesatuan bangsa.

Opster TNI yang digelar ini mempunyai  prioritas sasaran utama yaitu peningkatan status jalan, rehab gedung Gereja, rehab Masjid, dan rehab rumah tidak layak huni masyarakat di Desa Alila Timur.

Disamping itu, sasaran non fisik meliputi kegiatan, penyuluhan wawasan kebangsaan, pertanian, hukum, pemberian paket sembako  serta pengobatan massal.

Opster TNI yang akan dilaksanakan diharapkan dapat membantu masyarakat kesulitan masyarakat tidak hanya di Desa Alila Timur, akan tetapi ikut menjawab kesukitan desa desa tetangga lainnya.

“Opster TNI ini terselenggara sebagai wujud bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam mendukung percepatan program pembangunan di daerah”, tambah Danrem.

Danrem berpesan, kepada prajurit yang terlibat secara langsung dalam Opster TNI ini, agar memanfaatkan kegiatan ini untuk memupuk rasa kemanunggalan TNI dengan rakyat, lestarikan semangat gotong royong, sehingga kehadiran kita sangat berkontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat setempat, dan jangan lupa memperhatikan protokol kesehatan, pegang teguh Sapta Marga, dan 8 Wajib TNI.

Mengakhiri sambutannya, Danrem 161/Wira Sakti mengucapkan terima kasih yang tulus serta penghargaan kepada Bupati Alor Drs. Amon Djobo unsur forkopimda, tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat, dan seluruh komponen masyarakat kabupaten Alor, atas sumbangsihnya dalam membantu Kodim 1622/Alor semenjak melaksanakan sejumlah persiapan pelaksanaan pembukaan Opster TNI.

Hadir pada kegiatan pembukaan Opster TNI kali ini, Bupati Alor Drs. Amon Djobo, Ketua DPRD Kab. Alor Ibu Enny Anggrek,SH, Ketua Pengadilan Negeri Kalabahi, Kasiterrem 161/Wira Sakti Kolonel Inf Aswardi, SE, unsur Forkopimda Kab. Alor, para Asisten Setda Alor, Kadisjan Kab. Alor, Kepala Bank BRI Cab Kalabahi, Kepala Pertamina Alor, Kepala Pelindo Alor, Tokoh-tokoh Agama, Tokoh-tokoh adat, tokoh-tokoh masyarakat, serta masyarakat.

Usai upacara pembukaan, Danrem 161 Wira Sakti Brigjen TNI Samuel Petrus Hehakaya menyapa satu persatu pasukan Satpol PP dan masyarakat yang terlibat dalam upacara pembukaan Opster TNI, dilanjutkan dengan peninjauan sasaran fisik Opster TNI yang akan dikerjakan selama 60 hari kedepan.(*)

59 total views, 2 views today

Please follow and like us: