Yayasan Karya Manggarai “KO”, Gugatan Para Guru Pensiun Dikabulkan

KUPANG, KPK – Pengadilan Hubungan Industrial Pada Pengadilan Negeri Kupang, akhirnya menjatuhkan putusan yang adil atas nasib dan hak – hak para guru pensiun pada Yayasan Karya Manggarai (YKM) dengan putusan, mengabulkan gugatan para pahlawan tanpa jasa ini dengan memerintahkan pihak YKM memenuhi tuntutan para guru pensiun atas hak – hak mereka selama mengabdi.

Sidang putusan yang berlangsung di Pengadilan Hubungan Industrial pada (15/12/2020) yang dihadiri kedua belah pihak bersama kuasa hukumnya masing – masing tersebut, akhirnya melahirkan putusan yang memenuhi asas keadilan, kepastian dan kemanfaatan bagi para guru pensiunan pada Yayasan Karya Manggarai.

Informasi yang diterima Media ini dari Kuasa Hukum para penggugat ( dalam berkas terpisah, red) menyebutkan, walaupun sebagian gugatan tidak dikabulkan berupa dwang sum atau paksa, namun yang dikabulkan adalah substansi atau pokok dari gugatan berupa hak –hak pensiun para guru sebagaimana diamanatkan dalam Undang – Undang Tenaga Kerja.

Kuasa Hukum penggugat, Ferdi Pegho, SH, saat dikonfirmasi media ini, membernarkan bahwa tuntutan dalam gugatan kliennya , yaitu meminta tergugat pihak YKM untuk memberikan hak – hak pensiun para guru, dikabulkan.

“Gugatan klien kami telah dikabulkan, yang mana uang tanda terima kasih dan uang simpanan simponi yang diberikan oleh tergugat YKM kepada penggugat, tidak menghilangkan hak – hak pensiun para penggugat. Selanjutnya amar putusan tersebut, memerintahkan tergugat YKM untuk memenuhi hak – hak pensiun klien kami”.Ungkap Ferdi.

Dijelaskan Ferdi, akumulasi hak – hak pensiun para guru berupa uang pengganti hak, uang penghargaan masa kerja, dan uang pesangon atas nama penggugat Mikhael Sobak dalam perkara nomor 8/PDT.SUS- PHI/2020/PN , KPG, senilai kurang lebih Rp. 72. 399. 000. Sedangkan Hilarius Hiang dalam perkara nomor : 9 /PDT.SUS – PHI/2020/PN.KPG, senilai Rp.72.678.000.

Sementara itu, Thomas Jeharu, senilai Rp. 67. 848. 000, dalam perkara nomor : 10/PDT/SUS – PHI/2020/PN. KPG, dan Bonefasius Wangga seniali Rp. 68.265. 500, dalam perkara nomor 11/PDT.SUS –PHI/2020/PN. KPG.

Senada dengan Ferdi Pegho, salah satu staf Tim Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT, Kapistrano C. Ceme, SH, juga membenarkan adanya putusan yang berpihak pada keadilan.

“ Saya kira ini putusan yang benar – benar memberi rasa keadilan terhadap nasib dan hak – hak klien kami, sehingga sudah sepatutnya pihak YKM menerima dan menjalankan perintah putusan pengadilan tersebu”. Harap putra Nagekeo ini.

Sekedar diketahui sebelumnya para guru pensiun yang mengabdi pada YMK, akhirnya menempuh jalur hukum menggugat pihak YKM pada pengadilan Hubungan Industrial PN Kupang, karena merasa tidak ada keadilan atas hak – hak selama mengabdi pada YMK. Kasus ini berujung pada putusan yang adil bagi para guru pensiun. (DAS)

1,463 total views, 1 views today

Please follow and like us: